Berani Salah
(Maulana Wahiduddin Khan)

Dua orang sahabat, Ahmad dan Iqbal, hidup di kota yang sama.  Ahmad adalah seoran gsarjana, sementara pendidikan Iqbal tidak lebih dari sekolah menengah.  Suatu hari Iqbal harus pergi ke suatu kantor untuk keperluan bisnis dengan ditemani oleh sahabatnya, Ahmad.  Ketika telah melakukan transaksi bisnis, dan keduanya sedang keluar dari kantor tersebut, Ahmad berkata kepada Iqbal, "Kamu telah berbicara dengan bahasa Inggris yang amat buruk!  Dengan kemampuan bahasa yang buruk seperti itu maka aku tidak akan pernah berani buka mulut!"  Iqbal tidak begitu memperdulikan kritikan yang amat tajam tersebut.  Dengan penuh percaya diri dia menjawab, "Berbicaralah meskipun salah, kamu akan berbicara dengan benar!"  Kemudian dia menambahkan, "Meskipun kamu seorang sarjana dan saya belum pernah mengenyam bangku kuliah, maka kamu tahu bahwa saya akan memulai bahasa Inggris, sementara kamu tidak akan pernah mampu melakukan hal yang sama."

Hal tersebut adalah kejadian duapuluh tahun yang lalu.  Sekarang kata-kata Iqbal telah menjadi kenyataan.  Ahmad masih berada pada tingkat yang sama dengan duapuluh tahun yang lalu, tetapi Iqbal, secara mengejutkan telah membuat suatu kemajuan yang pesat.  Dia sekarang berbicara bahasa Inggris dengan fasih dan tidak ada seorangpun yang menyalahkan tata bahasa atau cara pengucapannya.

Sikap berani yang merupakan bagian dari diri Iqbal pasti telah bermanfaat besar bagi dirinya, dalam meraih karirnya; dahulu dia hanya memiliki sebuah toko kecil di kota, sedang sekarang dia telah mempunyai sebuah pabrik yang besar.

Moto: "Berbicaralah meskipun salah sehingga kamu dapat berbicara dengan benar," jelas-jelas merupakan kunci keberhasilannya.  Prinsip yang dilaksanakan oleh Iqbal ini tidak hanya telah melahirkan suatu kemampuan berbahasa, tetapi juga urusan-urusan lainnya dalam kehidupan.  Di masa sekarang, yang berpotensi meraih sukses adalah mereka yang memiliki keberanian, yang maju tanpa merasa takut, dan yang mengambil inisiatif dalam menghadapi berbagai resiko.  Hanya mereka yang berani melakukan kesalahan yang akan menyempurnakan berbagai kesempatan berharga dalam kehidupan.  Hanya mereka yang takut membuat kesalahan yang akan tertindas zaman, dan tujuan-tujuan luhur mereka akan semakin menjauh dari kenyataan.





http://ghaisan-zahirulhaq.blogspot.com

Bagi-bagi di FB yuk!
Diposting oleh fath Label:

0 komentar:

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates

GRATIS senilai Rp.99.000
Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Download di
"Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi"
Paket Video Facebook GRATIS

Click here to get Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Segera klik untuk download Video GRATIS Anda senilai Rp.99.000

Klik disini untuk Download

[Close] [Widget By Seby-Antoe]
Sekolah-Menulis Online