POTENSI MANUSIA
(Maulana Wahiduddin Khan)

Di Universitas Ohio, Amerika Serikat, terdapat satu departemen yang dikenal sebagai Disaster Research Center (Pusat Penelitian Bencana).  Departmen ini didirikan pada tahun 1963, dan sejauh ini telah mengkaji lebih dari seratus macam bencana yang mempengaruhi manusia secara luas.  Diketemukan bahwa pada saat terjadi krisis, satu potensi baru yang luar biasa berkembang dalam diri manusia sehingga dapat menyelamatkan mereka dari bencana tersebut dan akibat-akibat buruk lainnya.  Pada tahun 1961, misalnya, Texas diterpa suatu bencana berupa angin pantai yang amat keras, sehingga tidak kurang dari setengah penduduknya memilih untuk meninggalkan wilayah tersebut.  Sedangkan lebih dari lima puluh persen dari mereka memilih untuk tetap tinggal meskipun terjadi badai yang diperkirakan akan terjadi selama empat hari ke depan.  Setelah itu, pada tahun 1971, satu irigasi besar hampir bobol akibat gempa bumi yang membahayakan kehidupan 70.000 penduduk, namun pada saat yang kritis itu hanya tujuh persen dari penduduk yang memilih untuk meninggalkan rumah mereka.

Penelitian semacam itu juga mengungkapkan bahwa para korban dari bencana-bencana seperti itu masih memiliki harapan yang tinggi bagi masa depan mereka.  Penduduk dari dua wilayah Texas, mengakui adanya kerusakan yang disebabkan oleh banjir yang menakutkan itu, dan telah diinterview tentang apa yang mereka bayangkan mengenai masa depan mereka.  Secara mengejutkan, kurang dari sepuluh persen yang mengungkapkan perasaan khawatir dan was-was.  Sedangkan sisanya, yang mengabaikan kerusakan yang terjadi dalam skala yang luas, tetap mempunyai harapan bagi masa depan mereka.

Institut tersebut telah menyimpulkan suatu laporan penelitian terhadap bencana-bencana tersebut dengan menyatakan, "Realitas dari berbagai peristiwa tersebut menunjukkan secara menakjubkan bahwa umat manusia dapat terkendali dan tabah dalam menghadapi kesengsaraan.  Kemungkinan heroisme, bukan panik atau shock, adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan perilaku umum mereka pada saat terjadi bencana."  Sang Maha Pencipta telah membekali manusia sebagai makhluk-Nya dengan berbagai kemampuan luar biasa, salah satunya adalah kemampuan untuk merencanakan kehidupannya sekali lagi dengan tenaga yang luar biasa, bahkan ketika terancam dengan harapan nihil.

Manusia dapat melakukan lebih banyak hal dari pada kompensasi kehilangan yang mereka terima.  Penemuan dari alam ini, potensi tersembunyi dalam diri manusia mengajarkan satu pelajaran berharga, yaitu bahwa tidak ada satu individupun, baik perorangan ataupun sebagai bagian dari suatu kelompok, yang mengalami rintangan dan cobaan, mestinya menghabiskan waktu sesaat untuk meratapi dan menyesali kehilangan yang dialaminya.  Meskipun demikian, dia harus siap sedia untuk menekan segenap kemampuannya yang dianugerahkan Tuhan untuk merekonstruksi kehidupannya.  Yang memungkinkan adalah bahwa dalam kondisi-kondisi yang amat sulit tersebut, dia tampak tegar menghadapi nihilnya harapan, sehingga bisa mengembangkan potensi baru dan lebih cemerlang. ***********

Bagi-bagi di FB yuk!
Diposting oleh fath Label:

0 komentar:

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates

GRATIS senilai Rp.99.000
Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Download di
"Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi"
Paket Video Facebook GRATIS

Click here to get Kaya Dari Facebook Marketing | Profit Bisnis dan Keamanan Pribadi


Segera klik untuk download Video GRATIS Anda senilai Rp.99.000

Klik disini untuk Download

[Close] [Widget By Seby-Antoe]
Sekolah-Menulis Online